Dear netizen selamat datang di putraprima.id, kali sedang membuat modul untuk front end library react.js selamat menikmati :).

Pengenalan react

Pada bab ini akan membahas pengenalan mengenai react.js. Apa itu react.js, digunakan untuk pembuatan aplikasi web yang seperti apa ? kenapa memilih react js juga diberikan opsi pilihan jika anda merasa tidak cocok dengan rect js serta apa yang anda dapatkan jika memilih mempelajari buku ini lebih lanjut.

Apa itu react

Untuk memahami apa itu react js kita dapat memulainya dengan membuka webisite resmi dari react yaitu di https://reactjs.org. Pada halaman utamanya react mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah library javascript yang khusus menangani user interface. Dari halaman utama website ini kita dapat menangkap beberapa poin utama dari react js yaitu :

  1. React menggunakan bahasa pemrograman javascript.
  2. React khusus menangani user interface.
  3. React mendeklarasikan dirinya sebagai library (bukan framework).

Konsekuensi dari penggunaan bahasa pemrograman javascirpt pada react adalah, react js memiliki dependency terhadap javascript, dengan demikian penguasaan terhadap bahasa pemrograman javascript menjadi salah satu persyaratan agar anda dapat menggunakan reactjs dengan baik. Selain itu penggunaan javascript juga membuat pemanfaatan react menjadi sangat terhubung dengan software yang mampu menjalankan bahasa javascript dalam hal ini pada umumnya react js berjalan di sebuah browser.

React juga mengklaim bahwa dirinya adalah sebuah library bukan sebagai sebuah framework. Hal ini penting untuk dipahami karena library dan framework merupakan dua istilah yang sering kita dengar namun terkadang sulit untuk membedakan pada penggunaannya. React sebagai library focus menyelesaikan suatu masalah, dengan focus pada satu masalah maka penggunaan react sebagai aplikasi web yang lengkap dan sampai release pada production membutuhkan tambahan tambahan library lain. Dengan kata lain react tidak dapat berdiri sendiri untuk menyelesaikan kebutuhan seorang developer untuk membuat sebuah aplikasi web sampai selesai. Dampaknya setelah berhasil mempelajari react kita harus mempelajari library lainnya untung membuat sebuah aplikasi web yang sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya focus dari library react ada pada user interface, maksudnya react berfungsi sebagai library yang mempermudah kita untuk membuat user interface hal ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan component based app, dimana pada aplikasi web yang dibuat menggunakan react dibagi bagi menjadi beberapa bagian kecil yang disebut component. Pendekatan component based sudah sesuai dengan trend yang ada pada library atau framework front end modern, component pada react js secara global terbagi menjadi functional component dan class component semua jenis component ini akan dibahas lebih dalam pada bab berikutnya.

Single Page Apps

Kenapa Memilih React

Pilihan selain React

Apasaja yang dapat dipelajari dari buku ini